Portal Garuda sebagai “Search Engine” nya Kemendiknas

Garuda (Garba Rujukan Digital) adalah portal penemuan/search referensi ilmiah dan umum karya bangsa Indonesia, yang memungkinkan akses e-journal dan e-book domestik, tugas akhir mahasiswa, laporan penelitian, serta karya umum. Portal ini dikembangkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Dikti – Kemdiknas RI.   Portal ilmiah ini banyak memiliki manfaat khususnya sivitas akedemika. Garuda sangat baik dalam menjalankan fungsi dalam melengkapi kurangnya literatur-literatur yang akurat dan teruji kebenaranya. Inovasi berupa kemasan digital sangat banyak membantu, utamanya mempersingkat waktu dalam pencarian literatur resmi baik dari kemdiknas dan perpustakaan nasional.

Di dalam portal ini tersedia e-jurnal domestik dan karya-karya ilmiah seperti laporan penelitian, tugas akhir mahasiswa (skripsi, tesis, dan disertasi), patent, prosiding, Standar Nasional Indonesia (SNI), hingga Pidato pengukuhan guru besar para akademisi dan peneliti. Garuda bisa saja menjadi acuan pertama dan utama untuk akses informasi ilmiah nasional. Selain itu diharapkan terjadi kolaborasi penelitian yang bermutu, dan terwujudnya penelitian bertaraf internasional.

Sangat mudah dalam mengoperasikan Garuda untuk mencari journal ilmiah ataupun referensi lain. Langkah pertama, ketik link http://garuda.dikti.go.id, lalu akan muncul halaman utama Garuda. Selanjutnya masukkan query ke kotak pencarian dan klik telusuri. Tidak jauh berbeda dengan Google Search. Namun jauh lebih akurat dalam menjelaskan spesifikasi dari Judul, Penulis, Nama Lembaga/ Universitas dan permalink dari masing-masing universitas. Sehingga setidaknya indikasi copy paste dapat diminimalisir dari jelasnya sumber tulisan. Setelah itu mesin terdapat dua pilihan yakni jika Anda ingin melihat sebatas abstraknya saja atau seluruh isi dari journal ilmiah tersebut.  Jika ingin melihat tulisan lengkapnya Klik saja link yang tersedia dan mesin pencari akan membukakan data yang Anda cari bahkan mungkin Anda butuhkan.

Garuda juga dilengkapi dengan Fiture pencarian domestik dan internasional selain fiture umum. Selain itu menariknya lagi, Garuda memiliki sistem pencarian canggih pula. Dalam satu kali pencarian dapat merangkum judul, subjek, pengarang, penerbit, dan abstrak. Sehingga efektifitasnya cukup baik dalam mencari data yang diinginkan.

Bukan hanya dari keasliannya saja, tapi juga dengan kualitas tulisan dari journal-journal yang tersedia tidak perlu diragukan. Garuda diisi oleh kontributor dari PTN (Perguruan Tinggi Negeri), PTS (Perguruan Tinggi Swasta), Perguruan Tinggi Kedinasan, serta institusi atau lembaga yang bergerak dalam lingkup dunia pendidikan. Saat ini Total keseluruhan kontributor saat ini adalah 36. Jumlah keseluruhan ketersediaan data yang dimiliki Garuda adalah sebanyak 366.632 judul, 360578 abstrak, 349.389 permalink. dan akan terus bertambah sejalan dengan semakin bertambahnya e-jurnal yang mendaftar untuk di indeks di Garuda.

Cara  mendaftarkan indeks jurnal

Semua makalah yang diterbitkan di sebuah jurnal/majalah ilmiah  mestinya dapat ditemukan indeksnya di Portal Garuda. Hal ini akan memungkinkan hasil penelitian/pengembangan, makalah dari para kontributor jurnal dapat dijadikan sebagai rujukan peneliti atau penulis lain dalam pengembangan penelitian atau mkalah ilmiahnya.

Portal Garuda menyediakan  2 metode untuk mensubmit indeks suatu jurnal, yaitu :

  1. Cara Manual

Dalam submisi manual ini, pengelola jurnal membuat daftar makalah dari nomor yang belum terindeks. Daftar makalah ini berupa file csv (dengan tab separated field) atau xls dengan kolom field yang telah ditentukan oleh pengelola portal Garuda. Submisi ini dilakukan dengan mengupload file tersebut lewat link  http://jurnal.dikti.go.id/input/upload.html. Pengelola jurnal harus mempunyai login dan password untuk dapat mengupload file. Bagi yang belum mempunyai bisa kontak ke pengelola portal Garuda;

  1. Cara Otomatis

Daftar makalah akan terindeks secara otomatis lewat mekanisme OAI ini. Dalam submisi otomatis ini, pengelola jurnal hanya perlu menyediakan link OAI dari jurnal yang dikelolanya. Kalau jurnal Anda menggunakan Open Journal System (OJS), OAI ini sudah disupport. Kirimkan email ke pengelola portal Garuda kalau Anda bermaksud mengupdate indeks jurnal secara otomatis. Pengelola Garuda  akan meminta alamat OAI dan setelahnya Anda bisa mengecek apakah jurnal telah terindeks au belum.

Kedua cara tersebut di atas mensyaratkan bahwa Universitas/lembaga, yang menaungi suatu jurnal, sudah menandatangi surat kesediaan sebagai kontributor di portal Garuda.

Perihal Krisdinar
Praktisi pendidikan dan pengguna alternatif curahan ekpresi dan informasi

8 Responses to Portal Garuda sebagai “Search Engine” nya Kemendiknas

  1. Krisdinar mengatakan:

    rupanya portal garuda sudah di tutup oleh kemendikbud

  2. Anonim mengatakan:

    apakah artikel bisa di download, atau hanya daftar judul saja?

  3. sri sartika mengatakan:

    apa sajakah syarat-syarat join dg portal garuda

  4. Anonim mengatakan:

    kok situs Garuda tidak bisa diakses, bagaimana ini ?

  5. Krisdinar mengatakan:

    @ Boko Susilo : Persyaratan utama untuk bisa daftar adalah kita harus mempunyai dan mengelola jurnal online terlebih dahulu. memang kelihatannya masih agak rumit untyuk terindek di Portal Garuda. Namun berikut pengalaman teman kita yang mungkin dapat anda ikuti atau coba. silahkan klik http://didik.blog.undip.ac.id/2012/01/16/upload-daftar-makalah-ke-portal-garuda/

  6. boko susilo mengatakan:

    Saya beberapa kali mengirim file kesanggupan ke garuda@dikti.go.id, tetapi tidak diterima, mailer-daemon.
    Apakah setiap insitusi yang ingin berkontribusi harus memiliki jurnal online…?
    Saya menggunakan manual akhirnya ditanya accountnya.
    Untuk mendapatkan account, harus daftar…,
    Daftar dengan surat pernyataan, kmd akan mendapat account dari admin
    Sementara admin tidak ON
    kok muter-muter..!!
    Tolong bantu

  7. boko susilo mengatakan:

    Bertanya, bagaimana memberitahukan kesanggupan, bisa dikirim melalui email? dimana alamatnya? Saya pernah kirim ke garuda@dikti.go.id, selalu ditolak
    terimakasih atas bantuannya (ITM Medan)

  8. sobirinhamid mengatakan:

    bagaimana bisa bergabung di portal garuda, untuk login: kode institusi dan password bs di ketahui dimana (bagaimana caranya) thks

    @ Sobirin
    Silahkan download Panduan berikut
    http://garuda.dikti.go.id/files/Panduan%20Kerjasama%20Jaringan%20Garuda.pdf

Jangan lupa berkomentar, sebagai penyemangat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: