Evaluasi Kesesuaian Lahan untuk Komoditas Pertanian

Perlatan Survey tanahTersedianya data dan informasi sumberdaya lahan yang lengkap sangat diperlukan untuk menunjang program pembangunan pertanian yangberkelanjutan. Data tersebut diperoleh melalui kegiatan survei dan pemetaan tanah, yang kelengkapan dan kehandalan datanya sangat tergantung dari tingkat pemetaan atau skala peta yang digunakan. Postingan ini mencoba memberikan informasi bagaimana melakukan proses teknis dan praktis melakukan evaluasi kesesuaian lahan. Petunjuk teknis tersebut dapat didownload secara mudah diakhir tulisan ini

Data dan informasi sumberdaya lahan hasil survei dan pemetaan tanah berupa peta, deskripsi dan data dasarnya, masih sulit untuk digunakan secara langsung oleh para pemakai. Data tersebut perlu diinterpretasi, agar mudah dimengerti untuk keperluan pengembangan komoditas pertanian melalui kegiatan evaluasi lahan.Untuk tujuan evaluasi lahan, Balai Besar Penelitian dan pengembangan Sumberdaya Lahan pertanian telah menyusun Buku Petunjuk Teknis Evaluasi Lahan Untuk Komoditas Pertanian. Buku ini disusun mengacu kepada “Kriteria Kesesuaian Lahan untuk Komoditas Pertanian Versi3.0” dan dirancang untuk keperluan pemetaan tanah tingkat semi detil (skala peta 1:50.000) serta dapat dipakai mengevaluasi kesesuaian lahan untuk 112 jenis komoditas pertanian.

Buku petunjuk teknis ini mengupas pula berbagai parameter yang digunakan oleh berbagai kelembagaan dan ahli sumberdaya lahan. Dari berbagai parameter tersebut Balai Besar Penelitian dan pengembangan Sumberdaya Lahan pertanian menyusun parameter evaluasi lahan yang dianggap paling cocok digunakan di Indonesia.

Untuk kepentingan praktis, saya telah membagi buku petunjuk ini menjadi dua buku dan satu kartu/form pengamatan tanah di lapangan yaitu :

1.    Petunjuk Teknis Evaluasi Lahan untuk Komoditas Pertanian

2.    Buku Kesesuaian lahan atau Syarat Tumbuh berbagai Komoditas Pertanian

3.    Kartu/Form Pengamatan Tanah di Lapangan

Pemisahan buku teknis ini semata-mata agar para calon surveyor tanah dapat mempelajari bagaimana proses pengamatan tanah di lapangan terlebih dahulu dengan buku (petunjuk teknis) yang relatif tipis. Pada tahap lanjut dapat mempelajari syarat tumbuh berbagai komoditas pertanian dan melakukan proses pencocokan (maching) hasil evaluasi lahan dengan persayaratan tumbuh komoditas tanaman yang akan dikembangkan. Tentu saja buku ini sangat bermanfaat bagi para ahli pertanian dan calon surveyor tanah di Indonesia.

 


Silahkan Download e-buku tersebut   :

1. Petunjuk Teknis Evaluasi Lahan untuk Komoditas pertanian DOWNLOAD

2  Persayaratan Tumbuh Komoditas pertanian  DOWNLOAD

3. Kartu Pengamatan Contoh Tanah di lapangan DOWNLOAD


Perihal Krisdinar
Praktisi pendidikan dan pengguna alternatif curahan ekpresi dan informasi

6 Responses to Evaluasi Kesesuaian Lahan untuk Komoditas Pertanian

  1. indah mengatakan:

    terima kasih pa, sangat bermanfaat sekali untuk bahan tesis. tapi maaf untuk mendapatkan petunjuk teknis evaluasi lahan untuk komoditas pertaniannya bagaimana ya? ko gak bisa di donlot? kl mau dapatka bukunya saya bisa beli dimana?
    terima kasih pa

  2. Uska Peku mengatakan:

    trima kasih pak, panduannya dapat bermanfaat

  3. Pra Yuda mengatakan:

    terima kasih pak sangat bermanfaat

  4. Krisdinar mengatakan:

    @ Ridwan : Jika yang dimaksud adalah persyaratan tumbuh komoditas pertanian dan perikanan sdh saya sediakan link downloadnya..kalo komoditas kehutanan mungkin anda bisa cari di kementrian kehutanan.atau dinas kehutanan….jika saya temukan saya uploadkan. Trm kasih kunjungannya.

  5. Ridwan Ageng Ashari mengatakan:

    mau tanya kalau mau lihat data kesesuaian lahan komoditas pertanian dan kehutanan dimana pak? selain dari litbang kementrian pertanian, disana data yg saya cari tidak ada

  6. Ridwan Ageng Ashari mengatakan:

    sangat bermanfaat pak

Jangan lupa berkomentar, sebagai penyemangat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: