Aspek-aspek dalam studi kelayakan Agribisnis

Sebelum menyusun Proposal usaha pada umumnya dilakukan studi kelayakan usaha terlebih dahulu. Studi kelayakan usaha diartikan sebagai suatu pengkajian sistematis dari suatu gagasan atau rencana usaha, Baik usaha baru maupun usaha yang sudah ada, dari berbagai aspek yang mempengaruhi usaha tersebut. Kajian ini dianggapa penting karena kita menyadari. bahwa tidak setiap kegiatan usaha selalu sesuai dengan yang kita harapkan. Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor yang dapat mempengaruhi usaha.

Tujuan dilakukannya studi kelayakan usaha adalah untuk membantu para pelaku usaha agrbisnis, pemilik modal dan pengambil kebijakan/pemerintah didalam menentukan apakah suatu usaha layak atau tidak untuk dilaksanakan. Dengan studi kelayakan ini para pelaku usaha agribisnis  dan pemilik modal mempunyai pegangan serta keyakinan akan segala hal yang berhubungan dengan prospek suatu usaha pada masa yang akan datang dari sejumlah modal yang diinvestasikan.

Studi kelayakan usaha akan dapat menentukan secara akurat jenis-jenis usaha  apa saja yang akan dilakukan sehubungan dengan adanya kelangkaan dan keterbatasan dana. Kemudian bagi pemilik modal (Bank, perorangan atau lembaga-lembaga keuangan bukan bank) dapat dijadikan sebagai bahan penilaian apakah rencana usaha yang diajukan memang benar-benar layak untuk dibiayai.

Perihal Krisdinar
Praktisi pendidikan dan pengguna alternatif curahan ekpresi dan informasi

One Response to Aspek-aspek dalam studi kelayakan Agribisnis

Jangan lupa berkomentar, sebagai penyemangat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: