Aspek Sosial Ekonomi dan Lingkungan dalam Pengendalian Degradasi Sungai Cipamingkis

 Oleh : Krisdinar Sumadja

ABSTRAK

Sungai Cipamingkis adalah salah satu Sungai yang terletak di Provinsi Jawa Barat dan melintas di wilayah administrasi Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bekasi. Upaya  optimalisasi pelestarian pemanfaatan Sungai Cipamingkis  dilakukan  melalui pembangunan  check dam, bendung,  talud dan lain-lain. Namun demikian  beberapa bangunan di Sungai Cipamingkis mengalami penurunan fungsi, bahkan mengalami kerusakan berat.  Kerusakan infrastruktur tersebut selain disebabkan oleh alam seperti curah hujan yang tinggi tetapi juga disebabkan oleh faktor kerusakan lingkungan. Kerusakan berbagai infrastruktur juga menunjukkan pengaruh aspek ekonomi yang memicu masyarakat untuk mengeksploitasi lingkungan demi memperoleh keuntungan.

Terdapat  kecenderungan bahwa aspek ekonomi lebih mendapat penekanan dibanding aspek lingkungan. Diperlukan strategi perancangan pengendalian degradasi morfologi Sungai Cipamingkis yang memperhatikan aspek-aspek lingkungan-sosial-ekonomi secara seimbang-dinamis, dan memperhatikan pembangunan spesifik lokal, serta bersifat partisipatif

Pengelolaan lingkungan terbagi menjadi tiga aspek utama antara lain pengelolaan lingkungan biotik, abiotik, dan sosial budaya.  Setiap unsur akan memberikan daya tarik dan daya dorong yang berbeda antara satu dengan lainnya terhadap kelestarian lingkungan di sekitar aliran Sungai Cipamingkis.

Penelitian yang dilakukan pada bulan September s.d November 2011 ini mengungkap kondisi  aspek sosial ekonomi dan lingkungan yang dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam upaya melakukan pengendalian degradasi morfologi Sungai Cipamingkis.

Selengkapnya…..

Perihal Krisdinar
Praktisi pendidikan dan pengguna alternatif curahan ekpresi dan informasi

Jangan lupa berkomentar, sebagai penyemangat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: