Inseminasi Buatan Untuk Pencapaian Swasembada Daging Sapi (PSDS)

Jika  program Inseminasi Buatan (IB)  berhasil diharapkan dapat menunjang pencapaian swasembada daging sapi (PSDS) sampai tahun 2014, karena dapat meningkatkan mutu genetik dan populasi ternak sapi potong.  Pertumbuhan penduduk yang meningkat rata-rata 1,5% pertahun diperkirakan permintaan daging dan susu semakin meningkat.

Bila tidak dilakukan upaya untuk meningkatkan populasi dan produksi sapi, maka ternak sapi potong lokal akan terkuras habis karena tingginya angka pemotongan, sehingga harus dilakukan impor sapi potong sebesar rata-rata 300 ribu ekor/tahun, dimana tahun 2009 telah mencapai 500 ribu ekor, kalau diuangkan mencapai Rp. 4,8 s/d Rp. 5 triliun.

Untuk mengurangi impor ini pemerintah melakukan berbagai macam kegiatan operasional di antaranya optimalisasi Inseminasi Buatan (IB) dan Intensifikasi Kawin Alam (INKA). IB adalah suatu cara dengan memasukkan mani/semen ke dalam alat kelamin hewan betina sehat dengan menggunakan alat inseminasi, agar hewan tersebut bisa menjadi bunting.

Pelaksanaan IB ini merupakan salah satu upaya untuk menerapkan teknologi tepat guna yang merupakan pilihan utama untuk peningkatan mutu genetik ternak sapi. Melalui kegiatan IB ini dapat disebarkan bibit unggul ternak sapi potong yang dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan murah, serta diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani ternak.

Pada tahun 2011 pemerintah menargetkan kelahiran anak sapi melalui program IB sebanyak 1,4 juta ekor, untuk mencapai target ini ditempuh berbagai macam cara, di antaranya: (1) memberikan peran yang lebih besar kepada kelembagaan penyuluhan baik di pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa dalam penyelenggaraan penyuluhan mengenai IB dalam mendukung pencapaian swasembada daging sapi dan kerbau (Sumber : sinartani.com)

Perihal Krisdinar
Praktisi pendidikan dan pengguna alternatif curahan ekpresi dan informasi

Jangan lupa berkomentar, sebagai penyemangat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: