Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM)

PHBM adalah suatu sistem pengelolaan sumberdaya hutan yang dilakukan bersama oleh Perum Perhutani dan Masyarakat Desa Hutan maupun dengan Pihak lain yang berkepentingan (stakeholder) dengan jiwa berbagi sehingga kepentingan bersama untuk mencapai keberlanjutan fungsi dan manfaat sumberdaya hutan dapat diwujudkan secara optimal dan proporsional.

Sebagai bagian dari komitmen dan tanggungjawab perusahaan terhadap masalah sosial (Corporate Social Responsibility), Perum Perhutani telah bekerja sama dengan masyarakat desa hutan dan pihak-pihak lainnya dalam pengelolaan hutannya melalui sistem Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM). Sistem yang berlangsung sejak tahun 2001 tersebut, sampai dengan April 2010 telah melibatkan kerjasama dengan 5.386 desa hutan di Pulau Jawa dan Madura.

Jiwa berbagi dalam PHBM, memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat desa yang terwadahi dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Selain manfaat langsung bagi masyarakat berupa kesempatan kerja dan kesempatan berusaha di dalam hutan; masyarakat juga memperoleh manfaat dari kegiatan berbagi hasil produksi hutan berupa Kayu dan Non Kayu. Realiasi sharing produksi dari tahun 2005 sampai dengan April 2010 nilai bagi hasil produksi kayu dan non kayu yang diterima LMDH adalah Rp. 163,169 milyar tidak termasuk hasil produksi tanaman pangan dari kegiatan tumpangsari di hutan sebesar Rp. 1 milyar per tahun. Penyerapan tenaga kerja dalam kegiatan PHBM dari tahun 2005 sampai dengan April 2010 lebih dari 5 juta orang tenaga kerja.

Kualitas sistim implementasi PHBM senantiasa dievaluasi dan ditingkatkan. Oleh karena itu Perum Perhutani menerapkan sistim PHBM Plus, yaitu sistim PHBM dengan lebih meningkatkan upaya pelestarian hutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang sifatnya edukatif, meningkatkan daya beli masyarakat, meningkatkan kesehatan masyarakat, fleksibel, akomodatif dan partisipatif.

Sumber : perhutani Unit Jabar-Banten

Perihal Krisdinar
Praktisi pendidikan dan pengguna alternatif curahan ekpresi dan informasi

Jangan lupa berkomentar, sebagai penyemangat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: