Merubah Dunia Pertanian di Masyarakat Dengan Internet

Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan Negara Agraris dimana dari sabang sampai merauke kepulauan di Indonesia memiliki kondisi tanah yang subur. Banyak sekali peluang di negara ini yang musti di gali. Penggalian ilmu pengetahuan pertanian terus dikaji mendalam oleh berbagai instansi pendidikan formal dan nonformal.

Pendalaman ilmu pertanian merupakan pendalaman ilmu yang cukup sulit sama halnya dengan ilmu-ilmu hayati lainnya seperti biologi, peternakan, lingkungan, perikanan dan kelautan serta ilmu hayati lainnya. Hal tersebut dikarenakan ilmu pertanian dan ilmu hayati lainnya merupakan ilmu yang berhubungan langsung dengan alam. Perubahan sedikit di alam menjadikan ilmu pertanian harus dikaji ulang. Apalagi saat ini isu global warming sedang banyak di pantau karena kondisi yang khawatirkan.

Kondisi-kondisi tersebut menjadikan ilmu pertanian harus up to date dengan berita yang ada. Sistem pengkajian ilmu pertanian yang digunakan oleh universitas-universitas di Indonesia sebelum era internet di mulai sudah tidak dapat digunakan lagi. Arus informasi cepat sangat dibutuhkan dalam mempelajari ilmu pertanian.

Dukungan jaringan dunia berupa internet merupakan salah satu media bagi pengkajian informasi teknologi. Dalam pendidikan ilmu pertanian dan ilmu hayati internet membantu masyarakat ilmiah (mahasiswa, dosen dan peneliti) dalam mendapatkan informasi terbaru mengenai kondisi iklim, kondisi politik pertanian, kondisi alam, penemuan baru dan berbagai informasi baru yang memang harus diketahui oleh kita sebagai warga ilmiah. jurnal-jurnal ilmiah pun kini tidak lepas dari internet. Mereka lebih menyukai publikasi lewat internet karena lebih hemat dan tepat sasaran sehingga para pelajar dan peneliti yang membutuhkan info tersebut dapat langsung mengaksesnya tanpa adanya kesulitan.

Pengembangan internet sangat pesat. Penggunaannya pun saat ini telah masuk hingga titik terkecil di ilmu pengetahuan. Masyarakat biasa kini dapat memperoleh pengetahuan baru mengenai informasi pertanian melalui media internet yang disediakan. Bahkan masyarakat yang sebenarnya tidak berniat mencari informasi mengenai pertanian pun terkadang menjadi tahu karena informasi ini masuk melalui media internet yang menyenangkan seperti blog, facebook, purk, twitter dan iklan iklan yang ada. Sebagai contoh nyata adalah adanya kesadaran masyarakat terhadap aktivitas Go Green. Aktivitas yang mendukung lingkungan menjadi jiwa bagi setiap masyarakat, hal tersebut dikarenakan pengetahuan mengenai global warming ada di setiap website bahkan di jejaring sosial. Saat ini sedang berkembang isu masyarakat organik. Masyarakat organik ini timbul akibat adanya pendidikan mengenai kebaikan dan nilai lebih produk-produk organik yang diajarkan oleh beberapa blog-blog baik dari dalam dan dari luar.

Sebenarnya tidak hanya pendidikan mengenai ilmu pertanian dan ilmu hayati saja yang bisa memanfaatkan internet sebagai mediator pembelajaran bagi masyarakat.

Sumber :  Fuad Nur Azis

Perihal Krisdinar
Praktisi pendidikan dan pengguna alternatif curahan ekpresi dan informasi

One Response to Merubah Dunia Pertanian di Masyarakat Dengan Internet

  1. Anonim mengatakan:

    ayo kita bangun indonesia khususnya bidang pertanian, demi tercapainya program pemerintah di bidang ketahanan pangan. CAYO PERTANAIN……MAJU TERUS PETANI INDONESIA……!!!!!!!!!

Jangan lupa berkomentar, sebagai penyemangat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: