Fluktuasi Harga Pangan

sawahStabilisasi harga pangan khususnya gabah hasil panen petani pada saat panen raya merupakan aspek yang sangat penting dan menentukan pendapatan petani. Beras/gabah sebagai salah satu komoditas strategis juga tidak luput dari masalah stabilitas harga. Isu tentang fluktuasi harga gabah yang tajam di tingkat petani hingga saat ini masih menjadi sorotan berbagai pihak waluupun banyak program yang diluncurkan untuk menangani masalah fluktuasi harga ini mulai dari opresi pasar yang melibatkan dolog/bulog maupun penciptaan Lembaga Usaha Ekonomi Pedesaan (LUEP).

Paling tidak terdapat dua kelompok yang menanggapi isu fluktuasi harga tersebut. Kelompok pertama menganggap bahwa berdasarkan data resmi yang disampaikan oleh Dinas terkait, bahwa fluktuasi harga gabah di tingkat petani masih dalam batas-batas yang wajar, artinya petani masih menikmati tingkat harga gabah yang menguntungkan. Di lain pihak, tingkat harga beras di masyarakat konsumen masih dalam batas harga yang terjangkau.

Kelompok kedua, menganggap bahwa data laporan harga gabah di tingkat petani dan harga beras di tingkat konsumen tidak menggambarkan kondisi yang sebenarnya. Pada saat musim panen harga gabah di tingkat petani cenderung semakin menurun pada tingkat yang tidak menguntungkan lagi. Dengan kata lain bahwa berbagai program kegiatan yang berkaitan dengan penekanan masalah fluktuasi harga pangan masih belum efektif menstabilkan harga gabah di tingkat petani maupun harga beras di tingkat konsumen. Hal yang sama terjadi pula pada harga komoditas lainnya, sehingga mekanisme harga yang terjadi di tingkat petani lebih cenderung menekan pendapatan petani. Hal ini dapat diindikasikan dari semakin banyaknya mayarakat khususnya pemuda yang tidak tertarik untuk melakukan kegiatan usahatani yang pada gilirannya konversi lahan pertanian ke non pertanian semakin meningkat.

beras-murah-2Isu flutuasi/stabilitas harga pangan strategis masih mendapat perhatian besar dan sering menimbulkan pro dan kontra pada masyarakat baik para politisi, birokrat maupun pakar. Hal ini semata-mata karena masyarakat kurang memperoleh informasi yang memadai berkaitan dengan aspek harga pangan strategis secara menyeluruh, termasuk informasi upaya yang telah dilakukan pemerintah bersama masyarakat luas dalam mempertahakan stabilitas harga pangan. Agar memberikan informasi sekaligus klarifikasi secara objektif seputar isu fluktuasi/staibilisasi harga kepada masyarakat luas, dipandang perlu dilakukan pendataan dan pengkajian fluktuasi dan stabilisasi harga pangan strategis serta merumuskan alternatif kebijakan harga pangan di tingkat petani secara menyeluruh.

Sehubungan dengan itu pemerintah hendaknya memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan inventarisasi dan mengkaji kecenderungan (trend) harga pangan serta kondisi penawaran dan permintaan pasar beserta perilaku produsen dan konsumen komoditas pangan.. Atas dasar data-data itulah hendaknya pemerintah mengeleluarkan berbagai kebijakan yang tepat untuk mengatasi terjadinya fluktuasi harga pangan yang ektrim yang selalu terjadi setiap tahun.

 

Perihal Krisdinar
Praktisi pendidikan dan pengguna alternatif curahan ekpresi dan informasi

Jangan lupa berkomentar, sebagai penyemangat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: